Fitrawati, Fitrawati (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Meggunakan Pedekatan Cooperative Learning Type Jigsaw pada Kelas 1V SD Negeri 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRAWATI_88151_1425_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRAWATI_88151_1425_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRAWATI_88151_1425_2012.pdf
Download (318kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar IPS pada kelas IV di SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Hal ini terjadi karena kurang tepatnya pendekatan yang digunakan guru sehingga pembelajaran kurang bermakna dan membosankan bagi siswa. Banyak pendekatan yang bisa diterapkan oleh guru, diantaranya pendekatan Cooperative Learning Type Jigsaw. Dalam pendekatan kooperatif tipe jigsaw siswa terlibat seluruhnya dalam belajar dan mengajarkan kepada temannya. Tujuan penelitian ini adalah melihat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Type Jigsaw. Untuk itu penulis mencoba untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Type Jigsaw dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata menunjukkan terjadi peningkatan keberhasilan penyusunan RPPdari 75% siklus I menjadi 96,87% pada siklus II. Pada tahap pelaksanaan juga mengalami peningkatan, dari hasil pengamatan aktifitas guru meningkat dari 66,66% pada siklus I menjadi 94,44% pada siklus II. Hasil pengamatan aktifitas siswa juga mengalami keberhasilan dari 50% siklus I menjadi 94,44% pada siklus II. Tingkat pemahaman siswa terhadap materi juga meningkat, hal ini ditunjukkan oleh hasil tes akhir rata-rata siswa dari 50,99% pada siklus I meningkat menjadi 92,29% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPS, cooperative learning, jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:30 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19567 |