Seniati, Seniati (2017) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Kartika 1-11 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SENIATI_1308805_5222_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SENIATI_1308805_5222_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SENIATI_1308805_5222_2017.pdf
Download (847kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah SD Kartika 1-11 Kota Padang bahwa pada proses pembelajaran guru kurang mengorientasikan siswa pada masalah. Sehingga siswa belum dapat memecahkan masalah sendiri dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran dengan model problem based learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alur penelitian meliputi perencanaan, tindakan sesuai dengan rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SD Kartika 1-11 Kota Padang. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan empat kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pembelajaran tematik terpadu. Persentase rata-rata keberhasilan penilaian RPP pada siklus I adalah 81,82%, persentase rata-rata keberhasilan pada siklus II meningkat menjadi 96,58%. Persentase rata-rata keberhasilan aspek guru dan aspek siswa siklus I adalah 75%. Pada siklus II persentasi rata-rata keberhasilan aspek guru dan aspek siswa meningkat menjadi 95%. Persentase rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 2,87%, Pada siklus II persentasi rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 3.59%. Dengan demikian, model problem based learning dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di SD Kartika 1-11 Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tematik terpadu, Problem Based Learning (PBL), Peningkatan proses pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:28 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19561 |