Efektifitas Media Power Point terhadap Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang

Warmansyah, Jhoni (2014) Efektifitas Media Power Point terhadap Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_JHONI_WARMANSYAH_18114_2488_2014.pdf] Text
final_B1_7_JHONI_WARMANSYAH_18114_2488_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang, bahwa dalam memberikan pembelajaran guru belum menggunakan media yang tepat dan kurang bervariasi. Selain itu metode yang digunakan guru juga kurang tepat. Akibatnya, berdampak terhadap kemampuan berhitung anak yang masih rendah. Oleh karena itu, penggunaan Media Power Point ini diduga efektif terhadap kemampuan berhitung anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan media Power Point terhadap kemampuan berhitung anak di TK Assyofa Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah TK Assyofa Padang, berjumlah 60 orang anak terbagi dalam 3 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya sampling purposive, yaitu kelompok B2 dan kelompok B3 masing-masingnya berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 8 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 90,3 dan SD sebesar 6,78 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 80,15 dan SD sebesar 6,2. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,78 dan ttabel sebesar 2,024 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 38. Maka dapat disimpulkan penggunaan media Power Point efektif terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media PowerPoint, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak, Quasi Eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:27
Last Modified: 01 Aug 2025 08:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19556

Actions (login required)

View Item
View Item