Huda, Fitratul (2013) Analisis Komposisi Piano Minuet 2 Karya Johann Sebastian Bach. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRATUL_HUDA_83793_1906_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRATUL_HUDA_83793_1906_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FITRATUL_HUDA_83793_1906_2013.pdf
Download (928kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis komposisi piano Minuet 2 karya Johann Sebastian Bach yang ditinjau dari Bentuk(form)/struktur musik yang meliputi melodi, motif dan frase serta harmonisasi dan ekspresi. Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang bentuk/struktur musik, harmonisasi dan ekspresi pada zaman Barok yang dikemukakan oleh para ahli seperti, Karl-Edmund Prier, Moh Muthaqin Kustap dan Triyono Bramantyo.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui kajian analisis isi (countent analisis). Teknik pengumpulan data yang dilakukan berdasarkan studi pustaka dan kerja labor yaitu menggunakan Sibelius 6 dengan cara memindahkan partitur piano tersebut kedalam software Sibelius 6, serta juga mendengarkan rekaman permainan komposisi Piano minuet 2 yang berupa Audio dan Video.
Dari analisis yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa : berdasarkan studi pustaka minuet 2 ditemukan dalam notebook untuk Anna Magdalena Bach yaitu istri kedua dari Johann Sebastian Bach, minuet 2 merupakan karya pendamping dari the minuet in G utama karya Johann Sebastian Bach. Hingga sekarang banyak sekolah-sekolah musik menggunakannya dalam materi pembelajaran piano, salah satunya terdapat dalam buku Suzuki Piano School Volume 2 yang diterbitkan di Jepang dengan menggunakan metode Suzuki.
Komposisi piano Minuet 2 tergolong dalam bentuk dual, karena terdapat dua bagian yang membangun karya tersebut. Minuet 2 terdiri dari 40 birama dengan tanda birama ¾ dengan tempo con moto. Bagian kalimat yang terdapat pada komposisi piano ini ada dua beserta repetisinya yaitu bagian A dan bagian B. motif (m) merupakan motif utama dalam karya ini dengan pengembangannya yang diberi kode dengan (m1, m2, m3, m4, m5, m6, m7, dan m8). Gerak melodi memberi kesan pada perluasan dinamik dibandingkan dengan perhitunga simetrik, serta dengan alunan yang tak terputus dari nada-nada yang dimainkan dengan cepat. Serta ketegasan karya ini ditandai dengan masculine beginning pada awalnya dan juga berakhir dengan masculine ending.
Motif-motif yang ada dalam komposisi piano minuet 2 banyak memakai teknik arpeggio baik dijalur 1 (tangan kanan) maupun dijalur 2 (tangan kiri), dan perubahan tanda-tanda dinamik dari lembut ke keras yang sesuai dengan zaman barok. Hal ini bagus untuk melatih keseimbangan permainan antara tangan kanan dan tangan kiri serta mengatur kekuatan jari dalam menekan tuts piano.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis komposisi, piano, minuet, Johann Sebastian Bach |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > ML Literature of music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:26 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19555 |