Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Direct Instruction dalam Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMA N 2 Painan.

Hilwa, Wirda (2014) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Direct Instruction dalam Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMA N 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WIRDA_HILWA_54933_697_2014.pdf] Text
B1_5_WIRDA_HILWA_54933_697_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang berpusat kepada guru dapat membuat siswa menjadi kurangterlibat di dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan pencapaian kompetensimenjadi rendah. Pencapaian kompetensi yang rendah dapat memperburuk kualitaspendidikan. Salah satu solusi untuk meningkatkan pencapaian kompetensi fisikaadalah dengan menggunakan LKS dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelititertarik untuk melihat pengaruh penggunaan LKS berbasis direct instruction dalampendekatan reciprocal teaching terhadap kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 2Painan.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitianRandomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian adalah seluruhsiswa kelas XI IA yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2013/2014, sedangkanpengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan terpilihkelas XI IA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA1 sebagai kelas kontrol. Teknikpengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, lembarobservasi sikap untuk ranah afektif dan lembar penilaian unjuk kerja untuk ranahpsikomotor. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t, padataraf nyata 0,05.Hasil analisis data ranah kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan uji tdiperoleh bahwa thitung berada di luar daerah penerimaan Ho sehingga hipotesis kerjayang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan LKS berbasis direct instruction dalampendekatan reciprocal teaching terhadap kompetensi fisika siswa kelas XI SMA N 2Painan diterima pada taraf nyata 0,05. Hal ini berarti bahwa penggunaan LKSberbasis direct instruction dalam pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkanpencapaian kompetensi fisika siswa kelas XI SMA N 2 Painan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING, KOMPETENSI FISIKA SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:26
Last Modified: 01 Aug 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19554

Actions (login required)

View Item
View Item