Amida, Amida (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Pakan Rabaa Kabupaten Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AMIDA_09556_260_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_AMIDA_09556_260_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AMIDA_09556_260_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan, bahwa dalam proses pembelajaran membaca pemahaman guru belum menggunakan metode yang tepat. Kemampuan membaca pemahaman siswa belum maksimal. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan strategi directed reading thinking activity. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi DRTA pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Pekan Rabaa Kabupaten Solok Selatan pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri 01 Paskan Rabaa Kabupaten Solok Selatan, yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I, ketercapaian yang diperoleh siswa pada prabaca 66,4, saatbaca 67,3, dan pascabaca 70 maka diperoleh rata-rata dengan persentase 67,9% dengan kategori baik. Dan hasil nilai pada siklus II pada tahap prabaca 80,9, saatbaca 81,8, dan pascabaca 86,8 maka diperoleh rata-rata dengan persentase 83,2% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan melalui strategi DRTA dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 01 Pakan Rabaa Kabupaten Solok Selatan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Pemahaman, Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:19 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19549 |