Fitrawita, Fitrawita (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu bagi Siswa Kelas I SDN 11 Makmur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRA_WITA_52627_2024.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRA_WITA_52627_2024.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRA_WITA_52627_2024.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan refleksi awal, penulis mendapatkan data atau informasi  tentang keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 11 Makmur masih  rendah. Hal ini disebabkan oleh guru belum mampu memilih dan menerapkan  metode atau strategi yang tepat dalam pembelajaran membaca permulaan, serta  kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan langkah-langkah membaca  permulaan. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan cara peningkatan  keterampilan membaca permulaan melalui media kartu pada tahap prabaca, saat  baca, dan pascabaca.  
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research) yang terdiri  dari dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara guru dan observer.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian  ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil  pengamatan aktivitas guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa  kelas 1 SDN 11 V Makmur yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 13 orang  laki-laki dan 17 orang perempuan.  
Hasil penelitian peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa di  kelas 1 SDN 11 V Makmur pada siklus I tahap prabaca adalah 60,83, saat baca 74,  dan pasca baca 68. Pada siklus II persentase keberhasilan yang didapatkan siswa  pada tahap prabaca adalah 75, saat baca 83, dan pasca baca 82. Dari rekapitulasi  setiap siklus terlihat peningkatan nilai siswa. Rata-rata nilai siswa pada siklus I  adalah 70,54, pada siklus II sudah menjadi 80,52. Selain itu aktivitas guru dan  aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklus yang dipantau  melalui lembar pengamatan yang terdiri dari aspek guru dan siswa. Hasil  pengamatan terhadap aktivitas guru pada siklus I  mencapai persentase 75%,  sedangkan aktivitas siswa memperoleh persentase 63,89%. Pada siklus II  persentase pengamatan terhadap aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi  83,33%, begitu juga aktivitas siswa menjadi 80,56%. Maka dapat disimpulkan  bahwa penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa  melalui media kartu.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca, membaca permulaan, media kartu, siswa kelas I | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:19 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 08:19 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19548 | 
 
         