Rahmi, Selvi (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 38 Kampung Baru, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SELVI_RAHMI_1300439_3460_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SELVI_RAHMI_1300439_3460_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SELVI_RAHMI_1300439_3460_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang dilakukan guru kelas belum membelajarkan siswanya secara aktif dan kreatif sehingga kurang melibatkan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok. Akibatnya hasil belajar yang dperoleh siswa rendah karena tidak mencapai KKM secara maksimal. Oleh sebab itu maka diadakanlah PTK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan model Cooperative Learning tipe Jigsaw.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 24 orang.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I rata-rata 80,36% meningkat pada siklus II menjadi 96,42%, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I adalah 69,44% meningkat pada siklus II menjadi 92%, pada aspek siswa siklus I adalah 73,61% meningkat pada siklus II menjadi 88,88%, (c) hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 75,67 dan pada siklus II menjadi 86,46. Hal ini menunjukkan hasil belajar IPS siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Cooperative Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19543 |