Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Pada Kelas IV SDN 12 Ulakan Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Fitra, Fitra (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Pada Kelas IV SDN 12 Ulakan Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FITRA_93512_992_2012.pdf] Text
final_B1_6_FITRA_93512_992_2012.pdf

Download (350kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 12 Ulakan Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, bahwa guru kelas IV dalam mengajarkan pembelajaran PKn belum terlaksana dengan baik. Guru tersebut masih kurang memperhatikan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diajarkan. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe GI. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, penggunaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe GI pada pembelajaran PKn dengan materi lembaga pemerintahan desa dan kecamatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 24 orang.
Hasil penelitian dari RPP mencapai 96,42%. Peningkatan belajar siswa dilihat dari aspek guru yaitu 97,5%,dan peningkatan belajar siswa dilihat dari siswa yaitu 97,2 %. Hasil belajar siswa dalam aspek kognitif adalah 81,2%, dalam aspek afektif adalah 91,4% dan hasil belajar siswa dilihat dari aspek psikomotor 92,8%. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan pemahaman siswa setelah proses pembelajaran berlangsung yang tergambar dari hasil tes siswa. Dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Lembaga Pemerintahan Desa dan Kecamatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, PKn, cooperative learning, group investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:17
Last Modified: 01 Aug 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19542

Actions (login required)

View Item
View Item