Dewi, Fitra (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Model cooperative learning Tipe C0 Op-Co-Op di Kelas V SD Negeri 01 Batang Palupuh Kecamatan Palupuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FITRA DEWI_95295.pdf [thumbnail of final_B1_6_FITRA DEWI_95295.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FITRA DEWI_95295.pdf
Download (695kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa  mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPS. Masalah yang  dikemukakan dalam penelitian ini adalah “bagaimana meningkatkan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op dikelas V SD Negeri 01 Batang Palupuh Kecamatan Palupuh”. Tujuan  penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran IPS melalui model Cooperative Leraning tipe Co-Op-Co-OP di  kelas V SD Negeri 01 Batang Palupuh Kecamatan Palupuh.   Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk  penelitian yaitu penelitian tindakan  kelas untuk melihat implementasi model  cooperative learning tipe Co-Op-Co-Op pada pembelajaran IPS. Penelitian ini  dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I materinya perjuangan para tokoh  pada masa penjajahan belanda dan jepang dan siklus II tokoh – tokoh pergerakan  nasional. Dimana siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II  dilaksanakan satu kali pertemuan dengan alokasi waktu 105 menit satu kali  pertemuan . Penelitian ini dilaksanakan pada SDN 01 Batang Palupuh Kecamatan  Palupuh dengan subjek penelitian adalah kelas V SD. Pengumpulan data dalam  penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan evaluasi berupa  soal objektif 5 butir soal dan esay 5 butir soal. Data dianalisis dengan  menggunakan analisis data kualitatif model interatif yang dikemukakan oleh  Miles & Huberman (1992) yang terdiri dari reduksi data, peyajian data dan  kesimpulan.  
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: cooperative  learning tipe Co-Op-Co-Op merupakan salah satu model mengajar yang  mengutamakan adanya kelompok-kelompok kecil. Hasil penelitian pada siklus I  adalah pada tahap perencanaan  meningkat dari 56 menjadi 69, pelaksanaan   meningkat dari 53 ke 69, sedangkan hasil belajar meningkat dari rata-rata 64 ke  72. Pada siklus II perencanaan meningkat menjadi 91, pelaksanaan menjadi 94%,  hasil belajar menjadi 77. Ternyata dengan model Cooperative Learning tipe Co Op-Co-Op dapat meningkatkan nilai rata-rata siswa menurut  BSNP yaitu 70  dengan presentase ketuntasan 75%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPS, cooperative learning, co-op-co-op | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:15 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 08:15 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19537 | 
 
         