Pramunando, Wely (2019) Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WELY_PRAMUNANDO_15035125_2850_2019.pdf [thumbnail of final_B1_7_WELY_PRAMUNANDO_15035125_2850_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WELY_PRAMUNANDO_15035125_2850_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Ikatan kimia merupakan salah satu materi kimia yang dipelajari peserta didik SMA/MA kelas X semester ganjil. Ikatan kimia termasuk pada materi yang sulit diajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ikatan kimia berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA, serta menentukan validitas dan praktikalitas dari modul. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu penelitian awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage) dan tahap penilaian (assessment phase). Modul ini divalidasi oleh dua orang dosen kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru kimia SMA. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru kimia SMA dan 27 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 3 Padang Panjang. Data validitas dan praktikalitas dianalisis dengan menggunakan momen cohen’s kappa (k). Berdasarkan hasil validitas modul dari expert review diperoleh nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,89 dengan kategori sangat tinggi. Hasil praktikalitas modul dari peserta didik pada tahap small group diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,85 dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan praktikalitas modul dari guru dan peserta didik pada tahap filed test diperoleh nilai rata-rata momen kappa berturut-turut sebesar 0,95 dan 0,87 dengan kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul ikatan kimia berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA yang dihasilkan sudah valid dan praktis
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ikatan kimia, modul, guided discovery learning, research and development (R&D), model plomp |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:14 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19531 |