Sasriani, Sasriani (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Sungai Aur, Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SASRIANI_ 57136_3583_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_SASRIANI_ 57136_3583_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SASRIANI_ 57136_3583_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 10 Sungai Aur Pasaman Barat. Siswa kurang mampu dalam memahami teks bacaan dan menjawab pertanyaan, hal ini disebabkan karena guru dalam pembelajaran tidak menggunakan strategi yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan n peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi DRTA bagi siswa kelas IV SD Negeri 10 Sungai Aur Pasaman Barat.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2012/2013 di SD Negeri 10 Sungai Aur Pasaman Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Sungai Aur dengan jumlah 20 orang, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa pertempuan.
Hasil yang dicapai dari 20 orang siswa kelas IV SD Negeri 10 Sungai Aur Pasaman Barat pada siklus I belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat hasil pembelajaran pada siklus I pada tahap prabaca 62,00 dan 63,75 saatbaca 67,00 dan 67,25 pascabaca 66,75 dengan rata-rata keseluruhan 65,30 dan pada siklus II pada tahap prabaca yaitu 79,00 dan 78,25 saatbaca 80,25dan 81,00 pascabaca 90,00 dengan rata-rata keseluruhan 81,70. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan dalam pembelajaran. Dengan demikian strategi DRTA dapat meningkatkan kemapuan membaca pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca pemahaman, Strategi DRTA, Directed Reading Thinking Activity. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:11 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19523 |