Wenita, Wenita (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Congkak di Taman Kanak-Kanak Islam Adzkia Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WENITA_1107872_391_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_WENITA_1107872_391_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WENITA_1107872_391_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini karena rendahnya kemampuan berhitung anak dalam pengenalan lambang bilangan dan pemahaman konsep angka. Hal ini disebabkan karena tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan Congklak di kelompok B1 TK IslamAdzkia Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK), subjek penelitian kelompok BI tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 13 orang anak yang terdiri dan 8 laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak, dan siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II kemampuan anak dalam berhitung menunjukkan hasil yang positif, terlihat dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang meningkat sangat baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berhitung anak,Pengenalan lambang bilangan,Pemahaman konsep angka,Permainan congklak,Kelompok B1,Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:09 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19517 |