Peningkatan Minat Siswa Bermain Musik Sarunai dengan metode demonstrasi di SMA Negeri 5 Solok Selatan Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh

FIRMON, FIRMON (2013) Peningkatan Minat Siswa Bermain Musik Sarunai dengan metode demonstrasi di SMA Negeri 5 Solok Selatan Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FIRMON_1107956_2655_2013.pdf] Text
final_B1_6_FIRMON_1107956_2655_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa bermain sarunai, terutama terjadi pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 5 Solok Selatan. Dalam mengajarkan seni budaya guru tidak menggunakan metode yang bervariasi sehingga siswa kurang berminat untuk mempelajari bermain sarunai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat siswa dalam bermain sarunai di kelas X-1 SMA Negeri 5 Solok Selatan. Manfaat dari penelitian ini sebagai bahan masukan bagi guru seni budaya terutama di SMA Negeri 5 Solok Selatan dalam meningkatkan minat belajar siswa bermain sarunai sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang pada tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Objek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 5 Solok Selatan semester Januari-Juni 2013 yang berjumlah 30 orang. Alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah lembar obervasi yang berbentuk daftar tally yang memuat indikator minat. Hasil penelitian terhadap minat siswa bermain sarunai yang diolah menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100%.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan minat siswa bermain sarunai. Persentase minat siswa bermain sarunai pada siklus I sebesar 54,6% dan pada siklus II naik menjadi 81,9%, berarti terjadi peningkatan minat siswa bermain sarunai dengan menggunakan Metode Demonstrasi dari siklus I ke siklus II sebesar 27,3%.
Berdasarkan hasill penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan minat siswa bermain sarunai Kelas X-1 SMA Negeri 5 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat siswa, musik sarunai, metode demonstrasi, peningkatan
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:14
Last Modified: 01 Aug 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19501

Actions (login required)

View Item
View Item