Fisrayenti, Fisrayenti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang- layang dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) di Kelas V SD Dian Andalas Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FISRA YENTI_09689_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_FISRA YENTI_09689_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FISRA YENTI_09689_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran luas trapesium dan layang-layang  pada siswa SD Dian Andalas  Padang masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat kepada guru,  sehingga membosankan bagi siswa. Siswa sangat sulit menghitung luas trapesium dan  layang-layang. Sebagian siswa sering salah dalam menentukan luas trapesium dan  layang-layang.Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran  menghitung luas trapesium dan layang-layang melalui pendekatan Contextual  Teaching and Learning (CTL) dengan tujuan agar dapat menghadirkan situasi nyata  dalam kelas dan membantu siswa menghubungkan materi yang mereka pelajari  dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar pengolahan data di kelas V SD Dian  Andalas Padang.  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang  terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,  dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil  tindakan yang diperoleh dari hasil observasi, dan hasil tes. Subjek peneliti adalah  guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas V yang berjumlah 37 orang. Analisis data  dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif.   
Hasil belajar pengolahan data siswa dengan menggunakan pendekatan CTL  pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I  kognitif 73, afektif 71, dan psikomotor 72 dengan rata-rata 72. Sedangkan hasil  belajar siklus II kognitif 97, afektif 82, dan psikomotor 80 dengan rata-rata 86.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menghitung luas trapesium  dan layang-layang melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar pada  siswa kelas V
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, trapesium, CTL, pendekatan contextual teaching | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:04 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 08:04 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19500 | 
 
         