Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Roda Hitung Di Taman Kanak-Kanak Model Sungai Sariak Padang Pariaman

Angriani, Venny Gusri (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Roda Hitung Di Taman Kanak-Kanak Model Sungai Sariak Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_VENNY_ GUSRI_ ANGRIANI_ 1110531_5963_2014.pdf] Text
B1_07_VENNY_ GUSRI_ ANGRIANI_ 1110531_5963_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah belum mampunya anak mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Anak hanya sebatas hafal bilangan namun tidak tahu dengan konsep bilangan itu sendiri. Faktor penyebab timbulnya masalah tersebut adalah pembelajaran guru kurang menarik, media dan alat permainan kurang berfariasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan roda hitung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelompok B3 TK Model Sungai Sariak Padang Pariaman yang berjumlah 19 orang anak pada tahun ajaran 2012-2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi yang diolah dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan anak dalam berhitung pada kondisi awal sangat rendah, pada siklus I kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan namun belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), peneliti melakukan perbaikan pada siklus II, berdasarkan hasil penelitian siklus II kemampuan berhitung anak sangat tinggi, terlihat dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan roda hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Model Sungai Sariak Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung Anak, Permainan Edukatif, Roda Hitung, Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran Matematika, PAUD, TK Model Sungai Sariak, Padang Pariaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:14
Last Modified: 01 Aug 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19499

Actions (login required)

View Item
View Item