Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Model Jurisprudential Inquiry di Kelas IV SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang

Gusriani, Amelia (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Model Jurisprudential Inquiry di Kelas IV SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AMELIA_ESANITA_WIRLIANDARI_09348_2323_2012.pdf] Text
final_B1_6_AMELIA_ESANITA_WIRLIANDARI_09348_2323_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang belum sesuai dengan tujuan Pembelajaran PKn yang diharapkan. Guru kurang memperhatikan ranah afektif, guru kurang memotivasi siswa untuk aktif menganalisis sebuah kasus yang sedang hangat di tengah masyarakat.Tujuan dari Penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan model Jurisprudential Inquiry di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas dan teman sejawat berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model Jurisprudential Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan, a) perencanaan, siklus I 67,85% meningkat pada siklus II menjadi 83,96% dengan kualifikasi (SB) sangat baik, b) pelaksanaan aspek guru pada siklus I 68,06% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi (SB) sangat baik, aspek siswa siklus I 68,06% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi (SB) sangat baik c) hasi belajar siswa, siklus I 69,74 meningkat pada siklus II menjadi 83,7 dengan kualifikasi (SB) sangat baik

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Model Jurisprudential Inquiry
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:57
Last Modified: 01 Aug 2025 02:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19475

Actions (login required)

View Item
View Item