Angraini, Santri (2017) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Pecahan di Kelas V SDN 44 Kalumbuk, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SANTRI_ANGGRAINI_1304918_3762_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SANTRI_ANGGRAINI_1304918_3762_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SANTRI_ANGGRAINI_1304918_3762_2017.pdf
Download (463kB)
Abstract
Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) adalah pendekatan pembelajaran matematika yang memanfaatkan realitas dan lingkungan yang dipahami siswa untuk memperlancar proses pembelajaran matematika sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan matematika. Dengan menggunakan pendekatan PMR, siswa dapat menggunakan dunia nyata sebagai titik awal di dalam PMR untuk pengembangan ide dan konsep dalam pembelajaran matematika. Namun fakta disekolah menunjukan bahwa guru kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan realita kehidupan siswa, sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep siswa . oleh sebab itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh PMR terhadap pemahaman konsep perkalian pecahan siswa kelas V SDN 44 Kalumbuk Kota Padang?
Jenis penelitian adalah quasi experimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 44 Kalumbuk yaitu kelas VA dan kelas VB. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik saturation sampling dengan diperoleh kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes yang berupa esai. Uji hipotesis pada penelitian ini yaitu menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan analisis data pada pengujian hipotesis, diperoleh thitung (4,69) > ttabel (2,01) pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 48. Berarti thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 dari penelitian ini dapat diterima yaitu terdapat pengaruh pendekatan PMR terhadap pemahaman konsep perkalian pecahan siswa kelas V SDN 44 Kalumbuk.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, pemahaman konsep. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19474 |