Fadilah, Filza Gaisani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Make A Match Di Kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FILZA_GAISANI_FADILAH_17129026_2803_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_FILZA_GAISANI_FADILAH_17129026_2803_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FILZA_GAISANI_FADILAH_17129026_2803_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah  dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa kurang berinteraksi  antar sesama selama proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru belum  mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan  siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil  belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperative  Tipe Make A Match.   
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang  menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua  siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1  pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan  siswa Sekolah Dasar yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11  orang perempuan. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan,  pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen  analisis, observasi, tes, dan non tes.   
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: 1) Perencanaan  pembelajaran, yaitu siklus 1 dengan rata-rata 81,94 % (B) dan siklus II dengan  rata-rata 91,66% (SB). 2)Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas  guru dimana siklus I dengan rata-rata 84,38% (B) dan siklus II dengan rata-rata  96,87% (SB) serta aktivitas siswa dimana siklus I dengan rata-rata 78,13% (C)  dan siklus II dengan rata-rata 93,75% (SB). 3) Hasil belajar siswa pada siklus I  diperoleh  dengan rata-rata 78,02% dan siklus II dengan rata-rata  87,64%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  Cooperative Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik  terpadu pada siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | tematik, cooperative, make a match, hasil | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:57 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 02:57 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19472 | 
 
         