Fildawati, Fildawati (2013) Peningkatan Hasil Belajar pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Contextual Teaching & Learning di Kelas V SDN 11 Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FILDAWATI_09971_3380_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_FILDAWATI_09971_3380_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_FILDAWATI_09971_3380_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 11 Kampung Batu Dalam   bahwa siswa mengalami kesulitan dalam  memahami konsep-konsep   IPA.  Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakan metode ceramah dalam  proses pembelajaran.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan  kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan  Kelas. Rancangan penelitian ini meliputi menyususn rencana tindakan berupa  RPP, menyususn indikator, deskriptor, dan kriteria pembelajaran IPA dengan  menggunakan pendekatan Contextual Teaching & Learning.   
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan  pendekatan Contextual Teaching & Learning dapat meningkatkan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 11 Kampung Batu Dalam  Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok. Hal ini dibuktikan dengan  meningkatnya proses pembelajaran siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran  aspek RPP siswa pada siklus I adalah 81 meningkat menjadi 96 pada siklus II.  Aspek guru untuk siklus I adalah 67 dan meningkat menjadi 89 pada siklus II.  Aspek siswa pada siklus I adalah 66 meningkat menjadi 87 pada siklus II. Hasil  belajar siswa untuk aspek kognitif pada siklus I adalah 66 meningkat menjadi 86  pada siklus II. Aspek afektif pada siklus I yakni 69 meningkat menjadi 78 pada  siklus II. Untuk aspek psikomotor siklus I adalah 68 meningkat menjadi 84 pada  siklus II. Melihat hasil penelitian maka Penelitian Tindakan Kelas dalam  pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching & Learning  pada pembelajaran IPA dapat diterapkan dan dikembangkan dalam rangka  peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | IPA, pembelajaran, CTL, hasil | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Muhammad Arga | 
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:57 | 
| Last Modified: | 01 Aug 2025 02:57 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19466 | 
 
         