Peningkatan Hasil Belajar pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Contextual Teaching & Learning di Kelas V SDN 11 Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok

Fildawati, Fildawati (2013) Peningkatan Hasil Belajar pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Contextual Teaching & Learning di Kelas V SDN 11 Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FILDAWATI_09971_3380_2013.pdf] Text
final_B1_6_FILDAWATI_09971_3380_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 11 Kampung Batu Dalam bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPA. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan penelitian ini meliputi menyususn rencana tindakan berupa RPP, menyususn indikator, deskriptor, dan kriteria pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching & Learning.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching & Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 11 Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya proses pembelajaran siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran aspek RPP siswa pada siklus I adalah 81 meningkat menjadi 96 pada siklus II. Aspek guru untuk siklus I adalah 67 dan meningkat menjadi 89 pada siklus II. Aspek siswa pada siklus I adalah 66 meningkat menjadi 87 pada siklus II. Hasil belajar siswa untuk aspek kognitif pada siklus I adalah 66 meningkat menjadi 86 pada siklus II. Aspek afektif pada siklus I yakni 69 meningkat menjadi 78 pada siklus II. Untuk aspek psikomotor siklus I adalah 68 meningkat menjadi 84 pada siklus II. Melihat hasil penelitian maka Penelitian Tindakan Kelas dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching & Learning pada pembelajaran IPA dapat diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPA, pembelajaran, CTL, hasil
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:57
Last Modified: 01 Aug 2025 02:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19466

Actions (login required)

View Item
View Item