Pengaruh Penerapan Model Problem Posing Tipe Presolution terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Padang.

Yusdiana, Wira (2013) Pengaruh Penerapan Model Problem Posing Tipe Presolution terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WIRA_YUSDIANA_84113_529_2013.pdf] Text
B1_5_WIRA_YUSDIANA_84113_529_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika siswa diprediksi karena siswa kurangterlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan kreatif. Untukmeningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa digunakan model problem posingtipe presolution. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan modelproblem posing tipe presolution terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPAMAN 1 Padang pada ranah kognitif dan afektif.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitianRandomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalahsemua siswa kelas XI IPA MAN 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran2012/2013. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Alatpengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan lembarobservasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian ranah kognitif danafektif menggunakan uji hipotesis tentang uji kesamaan dua rata-rata pada tarafnyata 0,05. Selain itu, pada ranah afektif juga disertai dengan interpretasi datayang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif.Dari analisis data dapat dikemukakan dua hasil penelitian ini. Pertama,hasil belajar pada ranah kognitif secara rata-rata di kelas eksperimen adalah 76,24dan di kelas kontrol adalah 69,58. Pada ranah afektif nilai rata-rata kelaseksperimen adalah 77,91 dan di kelas kontrol adalah 73,09. Kedua, terdapatperbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, jadi penerapanmodel problem posing tipe presolution memberikan pengaruh yang berartiterhadap hasil belajar fisika siswa baik pada ranah kognitif maupun ranah afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PROBLEM POSING TIPE, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:56
Last Modified: 01 Aug 2025 02:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19456

Actions (login required)

View Item
View Item