Hennika, Sandra Aulia (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SANDRA_AULIA_HENNIKA_1304987_3432_2017 IKO LAY.pdf [thumbnail of final_B1_06_SANDRA_AULIA_HENNIKA_1304987_3432_2017 IKO LAY.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SANDRA_AULIA_HENNIKA_1304987_3432_2017 IKO LAY.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru kurang mempersiapkan RPP, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, guru kurang memotivasi siswa, dan guru kurang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model quantum teaching di kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang mana prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang yang berjumlah 28 orang siswa. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi, lembar tes, dan lembar non tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, a) RPP siklus I pada pertemuan 1 memperoleh nilai 75% dan pada pertemuan 2 memperoleh nilai 82,1% sehingga diperoleh nilai rata-rata 78,6% dengan kualifikasi baik dan siklus II memperoleh nilai 89,3% dengan kualifikasi sangat baik, b) hasil pelaksanaan aktivitas guru dan siswa siklus I pada pertemuan 1 memperoleh nilai 75% dan pada pertemuan 2 memperoleh nilai 78,1% sehingga diperoleh nilai rata-rata 76,6% dengan kualifikasi baik dan siklus II memperoleh nilai 87,5% dengan kualifikasi sangat baik, c) hasil belajar siklus I pada pertemuan 1 memperoleh nilai 73% dan pada pertemuan 2 memperoleh nilai 75,8% sehingga diperoleh nilai rata-rata 74,4% dengan kualifikasi cukup dan pada siklus II memperoleh nilai 82,7% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian, model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching, Model pembelajaran, Siswa sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:31 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19448 |