Peningkatan Kemampuan Bermain Recorder melalui Pendekatan Kelompok Siswa Kelas V Nusa di SD Adabiah Padang

Amelia, Amelia (2013) Peningkatan Kemampuan Bermain Recorder melalui Pendekatan Kelompok Siswa Kelas V Nusa di SD Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AMELIA_1107972_2920_2013.pdf] Text
final_B1_6_AMELIA_1107972_2920_2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memainkan alat musik recorder di SD Adabiah Padang, terutama siswa di kelas V Nusa. Hal ini disebabkan karena kurang tepatnya guru dalam memilih pendekatan belajar serta kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran, sehingga banyak siswa yang kurang memahami cara memainkan recorder dengan baik. Untuk itu diadakanlah penelitian dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa bermain recorder di SD Adabiah Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kelompok, dimana melalui pendekatan kelompok ini diharapkan peningkatan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik recorder dapat tercapai. Objek penelitian adalah siswa kelas V Nusa di SD Adabiah Padang yang berjumlah 29 orang siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes belajar berupa tes tertulis maupun berupa tes praktek. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kerja kelompok, sedangkan hasil tes belajar untuk mengetahui ketercapaian siswa setelah terjadinya pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata melalui pendekatan kelompok, kemampuan siswa bermain alat musik recorder di kelas V Nusa telah dapat ditingkatkan. Ini terlihat dari data yang diperoleh setelah penelitian, dimana sebelum penelitian hasil belajar siswa hanya 69, sedangkan setelah diadakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kelompok hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,49 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 88,06. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa berarti meningkat pula kemampuan siswa dalam memainkan alat musik recorder.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bermain Recorder, Pendekatan Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:55
Last Modified: 01 Aug 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19447

Actions (login required)

View Item
View Item