Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 15 Ulu Gadut, Kecamatan Pauh, Kota Padang

Salmiati, Salmiati (2017) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 15 Ulu Gadut, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SALMIATI_1108289_5277_2017.pdf] Text
final_B1_06_SALMIATI_1108289_5277_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik terpadu yang masih kurang mencerminkan pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang yang berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 9 orang peserta didik perempuan dan 13 orang peserta didik laki laki. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan. Sumber data adalah pengamatan perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning padatema Ekosistem. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I menunjukkan nilai rata-rata 80,55% dengan kualifikasi baik dan menunjukkan peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 93,05% dengan kualifikasi amat baik. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 82,5% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil nilai rata-rata pengamatan aspek peserta didik pada siklus I 82,5% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Perbaikan proses pembelajaran yang dilakukan membuat peserta didik lebih memahami serta menemukan konsep yang diajarkan lantaran mereka yang menemukan konsep tersebut. Hal ini juga berdampak kepada meningkatnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema Ekosistem di kelas V SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik terpadu, Problem Based Learning (PBL), Model pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:30
Last Modified: 01 Aug 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19444

Actions (login required)

View Item
View Item