Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN 07 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

A.R Putri, Amanda Suryani (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN 07 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AMANDA_SURYANI_PUTRI_17129119_2794_2022.pdf] Text
final_B1_6_AMANDA_SURYANI_PUTRI_17129119_2794_2022.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang belum mengorganisasikan peserta didik kedalam pembelajaran berkelompok. Guru belum memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran tampak kurang siapnya peserta didik dalam menerima pelajaran dan memahami materi, terlihat saat peserta didik kurang berinisiatif dan aktif, serta kurang antusias dalm menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Kelas IV SDN 07 Enam Lingkung KAbupaten Padang Pariaman. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Instrumen Penelitian yaitu Lembar observasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah guru (Observer), peneliti (praktisi), dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 19 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada proses pembelajaran tematik terpadu. Persentase rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I yaitu 85% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,5% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 83,7% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 95% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 83,7% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 95% kualifikasi Sangat Baik (SB). Dengan demikian, model Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 07 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:30
Last Modified: 01 Aug 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item
View Item