Nurita, Amah (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Pendekatan PAIKEM bagi Siswa Kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AMAH_NURITA_11864_6210_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_AMAH_NURITA_11864_6210_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AMAH_NURITA_11864_6210_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini disebabkan oleh guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti dalam menulis paragraf. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsi kan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Negeri 09 Air Tawar Barat dengan pendekatan PAIKEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian adalah PTK. Dalam pelaksanaan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas III yang berjumlah 30 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan LKS. Hasil penelitian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari 79,17 meningkat menjadi 86,67. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap penulisan dari 73,67 menjadi 84,13. Hasil belajar siswa pada pasca penulisan ini dapat dilihat dari rata-rata siswa pada pasca penulisan dari 74,75 menjadi 85,08. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 74,75 pada siklus II, Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 70% meningkat menjadi 90% pada asiklus II. Berdasarkan hasil nilai di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SDN 09 Air Tawar Barat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Menulis Paragraf, Pendekatan PAIKEM |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19434 |