Safrina, Safrina (2017) Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SAFRINA_1308810_4954_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SAFRINA_1308810_4954_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SAFRINA_1308810_4954_2017.pdf
Download (767kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPS, pembelajaran masih menggunakan metode ceramah.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 01 Bandar Buat.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Bandar Buat. Berdasarkan data Pretest sehingga diperoleh kelas IVA dengan jumlah 25 orang siswa dengan rata-rata rendah sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB dengan jumlah 25 orang siswa dengan rata-rata tinggi sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sempel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampling dikatakan jenuh (tuntas )bila seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah melalui tes, berupa soal objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan perbedaan rata-rata nilai melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sehingga dilakukan dengan uji t (t-test).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together adalah 86,08, dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah adalah 79,36. Hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) dieroleh t d (0,05;56) = 1,671 sedangkan thitung = 10,86 ternyata thitung > t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dan dari analisis data dihasilkan perbedaan yang signifikan antara dua kelompok dengan demikian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima atau terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Number Head Together, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19431 |