Ferdiah, Rima (2014) Pengembangan Motorik Halus di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Koto Baru Kecamatan Kubung Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIMA_FERDIAH_18112_4284_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIMA_FERDIAH_18112_4284_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIMA_FERDIAH_18112_4284_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus anak sehingga hasil belajar anak masih kurang optimal yang dapat terlihat dalam proses kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan guru kurang bervariasi. Di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Koto Baru Kecamatan Kubung Solok ini guru merencanakan kegiatan yang menarik dan media yang bervariasi dalam kegiatan pengembangan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengembangan motorik halus di Taman Kanak kanak Dharmawanita Koto Baru Kecamatan Kubung Solok.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk melihat bagaimana pengembangan motorik halus di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Koto Baru Kecamatan Kubung Solok. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Koto Baru Kecamatan Kubung Solok. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis ata yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta menggunakan teknik pengabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pembelajaran motorik halus, guru merancang kegiatan dan media yang bervariasi sehingga anak tidak bosan dalam pengembangan motorik halus. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan motorik halus pada anak di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Koto Baru Kecamatan Kubung Solok mengajarkan dapat menggerakkan anggota tubuhnya terutama terjadinya koordinasi mata dan tangan. Serta berfungsi penting bagi anak, karena dengan adanya pengembangan motorik halus maka akan mendukung aspek pengembangan lainnya seperti kognitif, bahasa dan sosial karena pada hakikatnya setiap pengembangan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Halus, Anak TK, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19430 |