Rahmawati, Weni (2014) Metode Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WENI_RAHMAWATI_01454_661_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_WENI_RAHMAWATI_01454_661_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WENI_RAHMAWATI_01454_661_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kenyataan di lapangan pada
pembelajaran atau pengenalan dalam membaca huruf hijaiyah guru kurang
memvariasikan metode dalam melaksanakan pembelajaran, hingga pelajaran
monoton, begitu juga dengan media yang digunakan kurang memadai
akibatnya anak tidak tertarik dalam pembelajaran huruf hijaiyah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pengenalan huruf hijaiyah
pada pembelajaran anak usia dini di TK Al-Qur‟an Amal Saleh Padang.
Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Qur‟an Amal Saleh Padang
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisa kualitatif,
yaitu menggambarkan apa adanya sesuai dengan yang ada di lapangan tentang
metode yang digunakan dalam pengenalan huruf hijaiyah di TK Al-Qur‟an
Amal Saleh Padang. Informan penelitian adalah guru BI, B2, dan kepala
sekolah di TK Al-Qur‟an Amal Saleh Padang. Instrumen yang dipakai untuk
mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan
Berdasarkan deskripsi dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
metode-metode yang digunakan guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah
kepada anak yaitu, metode bercakap-cakap, metode demontrasi, metode tanya
jawab, metode pemberian tugas
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | huruf hijaiyah,Metode pembelajaran,Anak usia dini, bercakap-cakap,demonstrasi,Observasi,Wawancara,Dokumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:00 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19425 |