Rozi, Alphadita Septian (2012) Pengaruh Sanksi Pajak, Administrasi Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ALPHADITA_SEPTIAN_ROZI_77742_5161_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ALPHADITA_SEPTIAN_ROZI_77742_5161_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ALPHADITA_SEPTIAN_ROZI_77742_5161_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Pengaruh sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan, 2) Pengaruh administrasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan, 3) Pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan pada Kabupaten Sijunjung Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak bumi dan bangunan yang berada di Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara proportional sampling method, dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) sanksi pajak berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan wajib pajak dengan thitung > ttabel yaitu 1,987 > 1,660 (signifikansi 0,048 < α 0,05) yang berarti H1 diterima. 2) Administrasi pajak berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan wajib pajak dengan thitung > ttabel yaitu 6,993 > 1,660 (signifikansi 0,000 < α 0,05) yang berarti H2 diterima. 3) Kualitas pelayanan pajak berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan wajib pajak dengan thitung > ttabel yaitu 2,130 > 1,660 (signifikansi 0,034 < α 0,05) yang berarti H3 diterima. Saran dalam penelitian ini adalah: 1). Kepada instansi pajak untuk dapat meningkatkan atau menegakkan sanksi pajak kepada wajib pajak yang kurang patuh. 2). Agar instansi pajak untuk lebih memperbaiki bagian administrasinya, sehingga para wajib pajak mendapatkan kemudahan dalam proses administrasi perpajakan. 3) Agar instansi pajak untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanannya agar para wajib pajak merasa lebih nyaman dan makin patuh dalam proses pembayaran pajak. 4). Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan perubahan variabel penelitian untuk menemukan variabel-variabel lain yang berpengaruh kuat terhadap kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, serta dilakukan perubahan dalam pemilihan alternatif jawaban pada kuesioner penelitian
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sanksi Pajak, Administrasi Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:59 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19409 |