Hubungan Konsep Diri Intelektual dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri (SMA N) 4 Payakumbuh

Putri, Jepysha Yessi (2014) Hubungan Konsep Diri Intelektual dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri (SMA N) 4 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_JEPYSHA_YESSI_PUTRI _11839_1858_2014.pdf] Text
B1_5_JEPYSHA_YESSI_PUTRI _11839_1858_2014.pdf

Download (446kB)

Abstract

Konsep diri intelektual merupakan salah satu hal penting dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga memperoleh prestasi yang
memuaskan. Dengan adanya konsep diri intelektual yang baik akan mampu
memotivasi siswa sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan dalam
belajarnya. Faktanya, banyak ditemukan siswa yang memiliki konsep diri
intelektual yang kurang baik sehingga motivasi belajarnya rendah. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep diri intelektual, motivasi belajar
dan menguji hubungan antara konsep diri intelektual dengan motivasi belajar
siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 4 Payakumbuh pada tahun ajaran
2013/2014 sebanyak 813 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan
teknik stratified random sampling yang berjumlah 89 orang. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang diolah dengan
menggunakan teknik statistik dengan rumus persentase. Untuk menguji hubungan
kedua variabel menggunakan rumus pearson product moment correlation melalui
program statistik SPSS versi windows16.0.
Hasil Penelitian ditemukan: (1) konsep diri intelektual dapat dikategorikan
tinggi (2) motivasi belajar siswa dapat dikategorikan tinggi (3) hasil analisis
korelasional menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
konsep diri intelektual dengan motivasi belajar siswa di SMA N 4 Payakumbuh
dengan nilai koefisien X dan Y yaitu 0,616 dengan taraf signifikasi 0,01 dengan
jumlah responden 89 dan berada pada tingkat kuat. Berdasarkan hasil penelitian
ini disarankan kepada guru BK/Konselor agar memberikan layanan yang
berhubungan dengan konsep diri intelektual dan motivasi belajar, agar siswa dapat
mengembangkan keduanya, yaitu diantaranya melalui layanan informasi,
penguasaan konten, bimbingan kelompok, dan konseling perorangan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONSEP DIRI INTELEKTUAL
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 31 Jul 2025 09:25
Last Modified: 31 Jul 2025 09:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19390

Actions (login required)

View Item
View Item