Perbedaan Kemandirian Perilaku Siswa yang Tinggal di Asrama dan di Luar Asrama MTsN Padang Panjang

Anisha, Jeany Febri (2014) Perbedaan Kemandirian Perilaku Siswa yang Tinggal di Asrama dan di Luar Asrama MTsN Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_JEANY_ FEBRI_ ANISHA_17264_4110_2014.pdf] Text
B1_5_JEANY_ FEBRI_ ANISHA_17264_4110_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemandirian merupakan salah satu kebutuhan psikologis remaja. Salah satu aspek kemandirian yang harus dicapai pada masa remaja adalah kemandirian perilaku. Perbedaan tingkat kemandirian perilaku remaja salah satunya dipengaruhi oleh stimulasi yang datang dari lingkungan tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemandirian perilaku siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama MTsN Padang Panjang dilihat dari kemampuan dalam mengambil keputusan Mendeskripsikan kemandiran perilaku siswa yang tinggal di luar asrama MTsN Padang Panjang, (2) mendeskripsikan kemandirian perilaku siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama MTsN Padang Panjang dilihat dari ketahanan terhadap pengaruh pihak lain, (3) mendeskripsikan kemandirian perilaku siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama MTsN Padang Panjang dilihat dari rasa percaya diri dalam bertindak, dan (4) melihat perbedaan kemandirian perilaku antara siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama MTsN Padang Panjang.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif komparatif dengan memanfaatkan angket sebagai instrumen penelitian. Jumlah populasi penelitian sebanyak 653 orang dengan sampel 87 orang yang terdiri dari 43 orang siswa yang tinggal di asrama dan 44 orang siswa yang tinggal di luar asrama. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Proses analisis data dilakukan dengan teknik statistik dan untuk menguji perbedaan digunakan statistik parametrik yaitunya uji t.
Temuan penelitian menujukkan bahwa secara umum kemandirian perilaku siswa yang tinggal di asrama berada pada kategori sangat mandiri dan mandiri, sedangkan siswa yang tinggal di luar asrama berada pada kategori mandiri. Dengan kata lain, siswa telah mandiri secara perilaku ditinjau dari kemampuan dalam mengambil keputusan, ketahanan terhadap pengaruh pihak lain, dan kepercayaan diri dalam bertindak. Meskipun demikian, dari analisis uji t diperoleh perbedaan yang signifikan antara kemandirian perilaku siswa yang tinggal di asrama dan di luar asrama. Dalam hal ini siswa yang tinggal di asrama lebih mandiri secara perilaku dibandingkan dengan siswa yang tinggal di luar asrama. Implikasi hasil penelitian ini dalam bimbingan dan konseling adalah sebagai dasar penyusunan program guna mempertahankan dan meningkatkan kemandirian perilaku siswa melalui pelayanan BK. Kerjasama Guru BK dengan personil sekolah, orangtua dan pembimbing asrama akan sangat membantu pencapaian upaya peningkatan kemandirian perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMANDIRIAN PERILAKU SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 31 Jul 2025 09:04
Last Modified: 31 Jul 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19378

Actions (login required)

View Item
View Item