Saitisa, Rika Yani (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Hitung Langkah di Taman Kanak-kanak Pertiwi Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIKA_YANI_SAITISA_1110460_3670_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIKA_YANI_SAITISA_1110460_3670_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIKA_YANI_SAITISA_1110460_3670_2014.pdf
Download (622kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung anak di TK Pertiwi Sawahlunto. Hal ini disebabkan karena media dan metode yang kurang bervariasi, sehingga anak merasa bosan dalam mengikuti kegiatan berhitung, salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitunganak adalah melalui permainan hitung langkah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah permainan hitung langkah dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Pertiwi Sawahlunto.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di TK Pertiwi Sawahlunto pada kelompok B2 dengan jumlah anak 12 orang anak yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Adapun waktu yang digunakan untuk penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni tahun pelajaran 2012/2013. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi dan selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II yang terdiri dari 3 kali pertemuan.
Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak, ini terlihat pada kegiatan permainan hitung langkah anak mengikuti dengan bersemangat. Pada siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan yang pada kondisi awal nilai rata-rata sangat tinggi sepuluh persen naik menjadi dua puluh tujuh persen kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan peningkatan kemampuan berhitung yang rata-rata mencapai delapan puluh delapan persen, yang artinya sudah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu tujuh puluh lima persen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan hitung langkah dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Pertiwi Sawahlunto
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan hitung langkah, kemampuan berhitung, anak TK, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 09:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19376 |