Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB dengan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SD Pertiwi 2 Padang

Rosnelli, Rosnelli (2013) Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB dengan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SD Pertiwi 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Rosnelli _50644_3534_2013.pdf] Text
final_B1_06_Rosnelli _50644_3534_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran KPK dan FPB di kelas IV masih dilaksanakan secara konvensional. Guru masih mendominasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Sementara siswa hanya menerima informasi dari guru, sehingga hasil belajar KPK dan FPB siswa rendah. Menyikapi kenyataan di atas, perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini bertujuan untuk mendeskripsikanperencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV Pertiwi 2 Padang melalui pendekatan kooperatif learning tipe STAD.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daur ulang atau siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi atau perenungan terhadap perencanaan, kegiatan tindakan, dan kesuksesan hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Pertiwi 2 Padang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning tipe STAD. Perencanaan pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 71,43% meningkat pada siklus II 96,43%. Aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 75,01% meningkat pada siklus II 96,87%. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I 72,22, hasil afektif siswa 64,4 dan hasil psikomotor 63,4. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik, dimana nilai ketuntasan belajar yang diperoleh sudah mencapai 91,4. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendekatan kooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SD Pertiwi 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD), Hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:31
Last Modified: 31 Jul 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19368

Actions (login required)

View Item
View Item