Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Kartika 1-10 Kota Padang

Aljazazuhri, Aljazazuhri (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Kartika 1-10 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ALJAZAZUHRI_1209051_5665_2016f.pdf] Text
final_B1_6_ALJAZAZUHRI_1209051_5665_2016f.pdf

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang masih terlihat keterpisahan antara mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lainnya, kemudian guru kurang membimbing siswa dalam bekerja kelompok dan dalam memecahkan masalah, sehingga siswa kurang aktif mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan “Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Kartika 1-10 Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian Perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran, data hasil tindakan yang diperoleh adalah dari hasil pengamatan terhadap guru dan siswa. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas V SD kartika 1-10 Kota Padang berjumlah 19 0rang. Hasil penelitian peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu Siklus I Pertemuan I RPP memperoleh persentase 66,6 % kualifikasi B-, dan Pertemuan II 75 % dengan kualifikasi B. Persentase aspek guru Siklus I Pertemuan I 75% dengan kualifikasi B dan Pertemuan II 80% dengan Kualifikasi B+. Persentase aspek siswa Siklus I Pertemuan I 75% dengan kualifikasi B dan Pertemuan II 80% dengan kualifikasi B+. Pada Siklus II Pertemuan I persentase RPP 86% Siklus II Pertemuan II 100% dengan kualifikasi A. Persentase aspek guru Siklus II Pertemuan I 90% dan Pertemuan II 100% dengan Kualifikasi A. Persentase aspek siswa Siklus II Pertemuan I 90% dan Pertemuan II 100% dengan kualifikasi A. Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan pada proses pembelajaran tematik terpadu siswa kelas V SD Kartika I-10 Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik Terpadu, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:31
Last Modified: 31 Jul 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item
View Item