Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Proses Menulis bagi Siswa Kelas IV SDN 08 Airpura Pesisir Selatan

Ardila, Rosi (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Proses Menulis bagi Siswa Kelas IV SDN 08 Airpura Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ROSI_ARDILA_1108401_1220_2018.pdf] Text
final_B1_06_ROSI_ARDILA_1108401_1220_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menulis karangan narasi siswa rendah. Hal ini terlihat siswa sulit menemukan/mengembangkan ide dan merangkai kata serta tidak tahu harus memulai dari mana menulis karangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan ketrampilan menulis karangan narasi dengan proses menulis bagi siswa Kelas IV SD Negeri 08 Air Pura.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah penulis sebagai peneliti dan siswa kelas IV Air Pura yang berjumlah 22 orang.Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan (observasi).
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada kegiatan guru siklus I dengan 75%(C) meningkat menjadi 91%(SB) pada siklus II. Kegiatan siswa pada siklus I 70%(C) meningkat menjadi 88%(SB) pada siklus II. Keterampilan menulis siswa tahap prapenulisan pada siklus I dengan rata-rata 77,68(B) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 86,36(SB), tahap penulisan pada siklus I dengan rata-rata 74,64(C) dan meningkat menjadi 88,63(SB) pada siklus II, dan tahap pascapenulisan pada siklus I 74,64(C) menjadi 87,14(B) pada siklus II. Semua ini terlihat pada rekapitulasi keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I dengan rata-rata 75,63 dan meningkat menjadi 87,36 pada siklus II. Dengan demikian keterampilan menulis karangan narasi dengan proses menulis dapat meningkat pada siswa SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Karangan narasi, Proses menulis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:31
Last Modified: 31 Jul 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19363

Actions (login required)

View Item
View Item