Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Tbk Kandatel Sumbar

Israndy, Israndy (2012) Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Tbk Kandatel Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_ISRANDY_77845_5602_2013.pdf] Text
final_B1_7_ISRANDY_77845_5602_2013.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan seberapa jauh Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Tbk Kandatel Sumbar. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Padang, Jenis penelitian ini adalah Penelitian kausatif dimana pengaruh Customer Service Program terhadap loyalitas pelanggan Speedy PT. Telkom, pengaruh Loyalty Program terhadap loyalitas pelanggan Speedy PT. Telkom, pengaruh Community Building terhadap loyalitas pelanggan Speedy PT. Telkom. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Speedy PT. Telkom yang berada di kota Padang dengan pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji F dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Customer Service Program berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Tbk Kandatel Sumbar. 2) Loyalty Program berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Tbk Kandatel Sumbar. 3) Community Building berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Tbk Kandatel Sumbar.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka disarankan agar pihak manajer meningkatkan program-program yang berkaitan dengan Loyalty dengan meratakan pemberian voucher kepada setiap pelanggan yang baru berlangganan Speedy, memberikan Reedom Poin sebagai hadiah langsung dan menjelaskan keuntungan yang didapat oleh pelanggan Speedy, menigkatkan pemberian Grand Prize pada akhir tahun dengan menciptakan suatu program atau inovasi-inovasi. Meningkatkan program-program yang berkaitan dengan Customer Service dengan meningkatkan kualitas customer service agar cepat tanggap dan ramah dalam merespon keluhan pelanggan dengan melakukan training dan arahan dari pihak manajer, meningkatkan pengetahuan teknisi dalam melakukan perbaikan dan menambah tenaga teknisi untuk melakukan perbaikan kerumah dengan respon yang cepat tanpa adanya penundaan perbaikan Speedy. Meningkatkan program-program yang berkaitan dengan Community Building mengundang secara rutin pelanggan dalam setiap lounching program baru dan produk baru dari Speedy, mengevaluasi kotak kritik dan saran, mengintensifkan dan mengupdate blog khusus pelanggan setia Speedy.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan, Speedy PT. Telkom
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:30
Last Modified: 31 Jul 2025 08:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item
View Item