Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Team Quiz di Kelas III SDN 21 Payakumbuh, Kota Payakumbuh

Sholeha, Rohimatu (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Team Quiz di Kelas III SDN 21 Payakumbuh, Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ROHIMATU_SHOLEHA_18129207_3816_2022.pdf] Text
final_B1_06_ROHIMATU_SHOLEHA_18129207_3816_2022.pdf

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pelaksanaan pembelajaran serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh. Dalam proses pembelajaran guru kurang membawa siswa belajar dalam situasi kehidupan nyata sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna, pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang efektif, masih kurang optimal saat memanfaatkan alokasi waktu, guru masih kesulitan dalam penerapan model pembelajaran sehingga kurang tepat dalam pelaksanaannya, guru kurang dalam meningkatkan daya nalar dan analisis siswa terhadap suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan kerja sama antara peneliti dan guru kelas III. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh yang berjumlah 20 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) perencanaan siklus I memperoleh nilai 88,63% (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,72% (SB), (b) pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh nilai 86,63% (B) sedangkan aspek siswa memperoleh nilai 81,81% (B) meningkat pada siklus II pada aspek guru menjadi 95,45% (B) dan aspek siswa juga memperoleh nilai 95,45% (SB), (c) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,9 (B) meningkat pada siklus II menjadi 85,85 (B). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, model Team Quiz, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:30
Last Modified: 31 Jul 2025 08:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19356

Actions (login required)

View Item
View Item