Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Puzzle Bergambar di Taman Kanak-kanak Al-qur’an Bundo Cupak

Fersa, sra Yuni (2016) Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Puzzle Bergambar di Taman Kanak-kanak Al-qur’an Bundo Cupak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_ISRA_YUNIFERSA_1209591_218_2016.pdf] Text
final_B1_7_ISRA_YUNIFERSA_1209591_218_2016.pdf

Download (453kB)

Abstract

kemampuan anak dalam mengenal huruf kelompok B2 di Tk Al-qur’an Bundo Cupak masih rendah. Hal ini terlihat dengan banyaknya anak yang belum mampu mengenal dan memahami huruf, mereka bingung untuk menyebutkan bunyi hurf tersebut. Pemilihat metode dan media yang tidak tepat oleh guru menjadi penyebab terjadinya kondisi ini. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan puzzle bergambar di Tk Al- qur’an Bundo Cupak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B2 di Tk Al-qur’an Bundo Cupak dengan jumlah anak 15 orang pada tahun 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan masing- masing siklus sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan perenungan. Data penelitian ini di peroleh dari observasi dan dokumentasi kemudian diolah dan dianalisa dengan rumus persentase. Manfaat dari penelitian tindakan kelas ini agar kemampuan anak dalam mengenal huruf dapat meningkat dengn baik.
Hasil penelitian rata-rata persentase kemampuan anak dalam mengenal huruf dapat dilihat dari sebelum tindakan, siklus II. Sebelumnya tindakan kemampuan anak pada siklus I 47% mulai meningkat namun belum sesuai dengan kriteri ketuntasan Minimum. Pada siklus II meningkat menjadi 86% dan sudah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan puzzle bergambar kemampuan anak dalam mengenal huruf di kelompok B2 Tk Alqur’an Bundo Cupak dapat meningkat dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan Anak, Mengenal Huruf, Permainan Puzzle Bergambar, TK Al-Qur’an Bundo Cupak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:28
Last Modified: 31 Jul 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19348

Actions (login required)

View Item
View Item