Masria, Ali (2012) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan Pecahan dengan Langkah-Langkah Polya di Kelas IV SD Negeri 04 Biaro Kecamatan Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ALI MASRIA _56784_146_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ALI MASRIA _56784_146_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ALI MASRIA _56784_146_2013.pdf
Download (358kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 04 Biaro serta hasil wawancara terhadap siswa dan guru kelas IV, siswa kurang mampu menyelesaikan soal cerita penjumlahan pecahan serta pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tidak membangkitkan keaktifan, kekreatifan, serta keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan pecahan. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah. Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran soal cerita penjumlahan pecahan dengan langkah-langkah Polya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar soal cerita penjumlahan pecahan dengan langkah-langkah Polya di kelas IV SDN 04 Biaro kecamatan Ampek Angkek.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 04 Biaro. Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam peneitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari hasil belajar sebelum penelitian dengan rata-rata 56. Setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 57.15, dan pada pertemuan 2 menjadi 66.45. Karena hasil belajar masih belum mencapai KKM, maka dilanjutkan ke siklus 2 agar hasil belajar dapat diusahakan lebik baik. Pada tindakan siklus II pertemuan 1 rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 73.53, dan pertemuan 2 meningkat menjadi 81.75. Hasil pengamatanpun terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah pembelajaran dengan langkah-langkah Polya dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita penjumlahan pecahan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Langkah-Langkah Polya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:26 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19342 |