Peningkatan Keterampilan Mengubah Puisi Menjadi Prosa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VI SDN 08 Maek Kecamatan Bukik Barisan

Sari, Eliksri Mutia (2012) Peningkatan Keterampilan Mengubah Puisi Menjadi Prosa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VI SDN 08 Maek Kecamatan Bukik Barisan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELIKSRI_MUTIA_SARI_83252_2430_2012.pdf] Text
final_B1_6_ELIKSRI_MUTIA_SARI_83252_2430_2012.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa guru kurang menerapkan metode yang tepat dalam pembelajaran mengubah puisi menjadi prosa. Selain itu, guru juga kurang menerapkan tahap-tahapan menulis dalam pembelajaran mengubah puisi menjadi prosa sehingga keterampilan siswa dalam mengubah puisi menjadi prosa masih rendah. Untuk memperbaiki keterampilan siswa dalam mengubah puisi menjadi prosa tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan keterampilan siswa dalam mengubah puisi menjadi prosa dengan menggunakan metode mind mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian adalah proses pembelajaran keterampilan mengubah puisi menjadi prosa dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VI SD. Subjek penelitian terdiri dari peneliti, siswa, dan observer. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 08 Maek Kecamatan Bukik Barisan yang berjumlah 13 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Persentase nilai rata-rata keterampilan siswa mengubah puisi menjadi prosa siklus I tahap prapenulisan adalah 71,1 % sedangkan pada siklus II adalah 85,5%. Rata- rata perolehan nilai dalam persen keterampilan siswa mengubah puisi menjadi prosa siklus I tahap penulisan adalah 67,9 % sedangkan pada siklus II adalah 82,6 % dan rata-rata perolehan nilai dalam persen keterampilan siswa mengubah puisi menjadi prosa siklus I tahap pascapenulisan adalah 76,2 % sedangkan pada siklus II adalah 82,0 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengubah puisi menjadi prosa dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengubah puisi menjadi prosa pada kelas VI SDN 08 Maek Kecamatan Bukik Barisan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Puisi, Prosa, Keterampilan Menulis, Metode Mind Mapping, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:26
Last Modified: 31 Jul 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19339

Actions (login required)

View Item
View Item