Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Dadu Angka dan Biji Coklat Ditaman Kanak-kanak Aisyiyah Kampung Tangah Lubuk Basung

Oktavia, Weri (2015) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Dadu Angka dan Biji Coklat Ditaman Kanak-kanak Aisyiyah Kampung Tangah Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WERI_OKTAVIA_1209605_829_2015.pdf] Text
final_B1_7_WERI_OKTAVIA_1209605_829_2015.pdf

Download (694kB)

Abstract

Kemampuan berhitung anak di TK Aisyiyah Kampung Tangah Lubuk Basung kelompok B masih rendah. Hal ini terlibat pada kondisi awal berdasarkan observasi dimana masih banyak anak yang belum mampu menyebutkan urutan bilangan 1-20 membilang/menyebutkan urutan bilangan, menghubungkan lambang bilangan dengan kartu bendera.Penilaian metode dan media yang digunakan guru kurang bervariasi.Oleh sebab itu menjadi salah satu penyebab terjadinya kondisi ini. Penelitian yang peneliti lakukan bertujuan untuk meningkatkan.Kemampuan berhitung anak di TK Aisyiyah Kampung Tangah Lubuk Basung menerapkan sebuah metode belajar berhitung dengan perlombaab permainan dadu angka.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Kampung Tangah Lubuk Basung yang berjumlah 13 orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi, kemudian diolah dan dianalisa dengan teknik persentase.
Hasil penelitian yang telah dilakukan melalui 2 siklus, dimana siklus I ada peningkatannya kemampuan berhitung anak tetapi masih rendah karena tidak mencapai batas KKM maka dilanjutkan kepada siklus II. Pada siklus II pertemuan pertama sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ), dapat dinyatakan bahwa melalui permainan dadu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Aisyiyah Kampung Tangah Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung,Anak TK,Kelompok B,Metode pembelajaran,Permainan dadu angka,Penelitian tindakan kelas,Observasi,Dokumentasi,Pembelajaran melalui permainan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:25
Last Modified: 31 Jul 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item
View Item