Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model scientific di Kelas I SDN 07 Enam Lingkung

Sefani, Lusandra (2017) Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model scientific di Kelas I SDN 07 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_LUSANDRA_SEFANNI_56869_4807_2017.pdf] Text
final_B1_06_LUSANDRA_SEFANNI_56869_4807_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran tematik terpadu yang dikerjakan oleh guru di lapangan pemisahan antar bidang studi masih terlihat atau masih terkotak-kotak antar mata pelajaran yang dipadukan, guru kurang memberikan masalah sesuai dengan kehidupan siswa, kurang memberikan konsep yang nyata terhadap siswa, guru kurang memupuk sikap inkuiri yang ada dalam diri siswa serta kurang memupuk kemampuan siswa untuk memecahkan suatu masalah nyata yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan Scientific di Kelas I SDN 07 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Yang menjadi subjeknya dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN 07 Enam Lingkung dengan jumlah siswa berjumlah 15 orang, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian dari tiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat bahwa a) perencanaan meningkat dari siklus I pertemuan I : 86,11 % siklus I pertemuan 2 menjadi 91,6 % dan pada siklus II menjadi 97,2 %. b) pelaksanaan aktifitas gurupadasiklus I pertemuan I 78,5 % pada siklus I pertemuan II menjadi 89,2 % dan pada siklus II menjadi 96,4% , sedangkan aktifitas siswa juga meneningkat dari siklus I pertemuan 1 sebesar 75 % menjadi pada siklus I pertemuan II menjadi 89,2 % dan meningkat menjadi 96,4 % pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu dengan Model Scientific meningkat di SD 07 Enam Lingkung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL SCIENTIFIC
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:25
Last Modified: 31 Jul 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19331

Actions (login required)

View Item
View Item