Sari, Lolita (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SDN 17 Lambeh Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_LOLITA_SARI_1108226_952_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_LOLITA_SARI_1108226_952_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_LOLITA_SARI_1108226_952_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh siswa kurang aktif dalam belajar dan hanya menerima materi dari buku dan guru saja. Hal ini disebabkan oleh guru kurang memotivasi siswa dan strategi pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah Strategi Pembelajaran Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri di kelas IV SDN 17 Lambeh Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu berupa hasil pengamatan yang dinarasikan dengan kata-kata dan pendekatan kuantitatif yaitu data berupa angka yang terdiri atas 2 siklus. Masing-masing siklus trediri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan observer. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SDN 17 Lambeh Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Hasil penelitian dari setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus pertama kemampuan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah 69,64 % dengan kualifikasi cukup (C), mengalami peningkatan pada siklus kedua menjadi 87,51% dengan kualifikasi baik (B). Pada pelaksanaan pembelajaran di siklus pertama ,aktivitas guru 66,7% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus kedua menjadi 83,08% dengan kualifikasi baik (B), dan taraf keberhasilan aktivitas siswa pada siklus pertama 65,3% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus kedua menjadi 86,20 % dengan kualifikasi baik (B). Hasil belajar siswa pada siklus pertama 68,26% dengan kualifikasi cukup (C), mengalami peningkatan pada siklus kedua menjadi 76,49% dengan kualifikasi cukup (C). Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19325 |