Safitri, Welli (2013) Efektivitas Permainan Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-61 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_WELLI_ SAFITRI_96196_3726_2013.pdf [thumbnail of B1_07_WELLI_ SAFITRI_96196_3726_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_WELLI_ SAFITRI_96196_3726_2013.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-61 Padang. Anak masih sulit mengenal huruf dan metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas Permainan Teka-teki Silang dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-61 Padang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quashi eksperimen guna melihat perbandingan kemampuan anak kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid kelompok B TK Kartika 1-61 Padang yang berjumlah 20 orang anak yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok B1 dan kelompok B2, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelompok B2 dengan jumlah 10 orang (kelas eksperimen) dan kelompok B1 berjumlah 10 orang (kelas kontrol). Data diperoleh dari hasil tes penilaian yang berupa item pernyataan berjumlah 29 butir item. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t (t-test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 2,836 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan α 0,05 adalah 2,101, sehingga thitung > ttabel, maka hipotesis dapat diterima Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Permainan Teka-teki Silang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-61 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Teka-Teki Silang, Kemampuan Membaca Anak, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Literasi Dini, TK Kartika 1-61, Metode Inovatif, Pendidikan Anak, Taman Kanak-Kanak, Kota Padang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19320 |