Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 03 Koto Bangun Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota

Wati, Fidyah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 03 Koto Bangun Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FIDYAH_WATI_52331_2307_2012.pdf] Text
final_B1_6_FIDYAH_WATI_52331_2307_2012.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bedasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru kelas IV SD Negeri 03 Koto Bangun pada tanggal 15 Juli 2011 ditemui permasalahan, (1) siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, (2) kurang dapat mengembangkan minatnya, (3) kurang dapat merealisasikan ilmu pada kehidupan nyata, (4) kemampuan berfikir kritis siswa kurang dapat dikembangkan, (5) begitu juga daya nalar siswa dalam menyelesaikan masalah kurang dapat dikembangkan, selama ini guru belum menggunakan metode problem solving dalam pembelajaran, yang berakibat rendahnya hasil belajar IPS siswa. Untuk itu, diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas, tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 03 Koto Bangun dengan menggunakan metode problem solving.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai praktisi yang melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilakukan dua kali pertemuan, proses penelitian tindakan kelas ini merupakan proses siklus yang dimulai dari a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) pengamatan, dan d) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Koto Bangun.
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving. Perencanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I skor yang diperoleh adalah 82%, dan pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru adalah 75% dan aspek siswa 81%. Pada siklus I pertemuan I diperoleh skor 50%, meningkat menjadi 65%, pada pertemuan ke II rencana pelaksanaan yang dibuat guru mendapat skor 84%, dan untuk pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru 81%, dari aspek siswa 86%. Pada siklus II pertemuan I rencana pelaksanaan mendapat skor 94% dan pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru 89% dan aspek siswa 92%, dan untuk perencanaan pembelajaran pada siklus II pertemuan II mencapai 97% dan aspek guru 98%, aspek siswa 98%. Sedangkan hasil pembelajaran dari siklus II pertemuan I 75% meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi 85%. Hal ini membuktikan dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode problem solving, pembelajaran IPS, kelas IV Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Ritawati M dan Yetti A. 2007. Hand Out Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang: FIP- UNP Rostiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rinneka Cipta. Sri Anitah. 2007. Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka Suharsimi Arikunto. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Syaiful, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Udin. S Winaputra, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Zimbio. 2009. (dalam www.Zimbio.com/Karakteristik+konsep+Dasar+IPS +) diakses. 01 Juli 2011.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:23
Last Modified: 31 Jul 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19315

Actions (login required)

View Item
View Item