Peningkatan hasil belajar IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 21 Selayo Tanang Bukit Sileh Kabupaten Solok

Maldar, Fidra Yant (2012) Peningkatan hasil belajar IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 21 Selayo Tanang Bukit Sileh Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FIDRA YANTI MAIDAR_09950_6185_2012.pdf] Text
final_B1_6_FIDRA YANTI MAIDAR_09950_6185_2012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran
IPA di kelas IV yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Hal ini
disebabkan dalam pembelajaran IPA masih berpusat pada guru.Guru masih
mendominasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Sementara
siswa hanya menerima informasi dari guru, ini menyebabkan kurangnya minat
belajar siswa dan siswa kurang aktif dalam belajar. Untuk itu penelitian ini
berupaya meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 21 Selayo Tanang
Bukit Sileh dengan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan rencana, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar IPA dengan
metode eksperimen di kelas IV SDN 21 Selayo Tanang Bukit Sileh kabupaten
solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom action
research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang
dilakukan dengan 2 siklus. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan
hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap
tindakan dalam pembelajaran IPA tentang mengenal sifat-sifat benda. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 21 STBS Kecamatan Lembang
Jaya yang berjumlah 24 orang.
Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode eksperimen,
baik dari segi proses maupun hasil belajar. Penilaian terhadap RPP yang didapat
pada siklus I rata-rata 74,99, sedangkan di siklus II terjadi peningkatan yaitu
dengan rata-rata 91,06. Dari segi proses dapat dilihat dari persentase rambu-rambu
karakteristik aspek guru dan siswa yang terjadi peningkatan dari siklus I dan II.
Pada aspek guru siklus I diperoleh persentase 67,85% sedangkan di siklus II
terjadi peningkatan yaitu 86,60%. Begitupun pada aspek siswa dari 60,71 rata
rata pada siklus I menjadi 82,14 pada siklus II. Dilihat dari hasil belajar yang
diperoleh siswa dari ke tiga ranah ( kognitif, afektif, psikomotor) pada masing-
masing siklus, pada siklus I nilai ketuntasan belajar yang diperoleh dari 24 orang
siswa adalah 41,66%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang baik,
dimana nilai ketuntasan belajar yang diperoleh sudah mencapai 83,33%. Dengan
demikian, dapat dikatakan dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil
belajar IPA di kelas IV SDN 21 STBS Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten
Solok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPA, metode eksperimen, kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:22
Last Modified: 31 Jul 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19312

Actions (login required)

View Item
View Item