Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Pendekatan Bulat dengan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV SDN 08 Ranah Batahan Kabupatan Pasaman Barat

Harnis, Eli (2013) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Pendekatan Bulat dengan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IV SDN 08 Ranah Batahan Kabupatan Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELIHARNIS_58334_5765_2013.pdf] Text
final_B1_6_ELIHARNIS_58334_5765_2013.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kepada observasi peneliti di kelas IV SDN 08 Ranah Batahan. Dalam pembelajaran opersi hitung campuran bilangan bulat di temukan beberapa masalah yaitu guru kurang tepat dalam memilih pendekatan pembelajaran dalam menyampaikan materi,dalam pembelajaran kelompok guru kurang memperhatikan tingkat akademik siswa,minat siswa yang masih rendah, penyanyian konsep yang kurang tepat, sehingga hasil belajarnya siswa rendah Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Di kelas IV SDN 08 Ranah Batahan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian berupa hasil pengamatan, diskusi, dan dokumentasi dari setiap tindakan perbaikan pembelajaran matematika. Sebagai subjek dalam penelitian yang dilakukan ini adalah siswa kelas IV SDN 08 Ranah Batahan. pada semester II tahun ajaran 2012/2013.
Hasil pengamatan peneliti RPP siklus I pertemuan I dan II adalah 78,57% (baik) dan 82,14% (sangat baik). Siklus II adalah 85,71(sangat baik) dari pengamatan aspek guru siklus I pertemuan I dan II adalah 64,3% (cukup) 78,57%,(baik) siklus II adalah 85,71%(sangat baik). Dari hasil aspek siswa siklus I pertemuan I dan II adalah 60,7%(cukup) ,75%(baik). siklus II adalah 85,71%(sangat baik). Hasil belajar siswa siklus I pertemauan I dan II adalah 63,5(cukup), 67,49(cukup). Siklus II 71,91(baik). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Di kelas IV SDN 08 Ranah Batahan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 08 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Operasi Hitung Campuran, Bilangan Bulat, Tindakan Kelas, Siswa, Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:22
Last Modified: 31 Jul 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19311

Actions (login required)

View Item
View Item