Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Bowling Angka di Taman Kanak-Kanak Istiqomah 50 Kota

Sri Ningsih, Widia (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Bowling Angka di Taman Kanak-Kanak Istiqomah 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WIDIA_SRI_NINGSIH_58507_6874_2012.pdf] Text
final_B1_7_WIDIA_SRI_NINGSIH_58507_6874_2012.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilaksanakan di TK Istiqomah Tabing Kabupaten Lima Puluh Kota. Kemampuan berhitung anak masih rendah, masih kurangnya pengetahuan anak dalam mengenal angka yaitu anak mampu berhitung tapi apabila ditunjuk satu angka anak tidak mengetahui angka berapa yang ditunjuk tersebut, kurangnya alat pendukung untuk pembelajaran berhitung sehingga anak menjadi malas dan bosan, metode yang digunakan tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan Bowling Angka.
Subjek penelitian ini adalah kelompok B yang berjumlah 10 orang anak terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 perempuan. Data diperoleh melalui observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik persentase.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing dilakukan dalam tiga kali pertemuan.
Kemampuan berhitung anak pada siklus I umumnya rendah, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil analisa, maka rencana pada siklus I direvisi kembali, dan pada siklus II kemampuan berhitung anak menjadi meningkat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan bowling angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Istiqomah Tabing Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil persentase nilai anak menunjukkan bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) telah tercapai. Sehingga permainan ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, berhitung, Bowling Angka, Anak usia dini, Metode,Observasi, wawancara, dokumentasi,Siklus I dan Siklus II,Kriteria Ketuntasan Minimal,Media pembelajaran,Kelompok B TK,Peningkatan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:21
Last Modified: 31 Jul 2025 08:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item
View Item