Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 31 Teluk Bayur Kota Padang

Muhadi, Rizka Yolanda (2017) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 31 Teluk Bayur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RIZKA_YOLANDA_MUHADI_1105652_2686_2017.pdf] Text
final_B1_06_RIZKA_YOLANDA_MUHADI_1105652_2686_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik terpadu yang masih kurang mencerminkan pembelajaran tematik terrpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu mengggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 31 kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 31 Teluk Bayur Kec. Padang Selatan Kota Padang yang berjumlah 31 orang, yang terdiri dari 14 orang peserta didik perempuan dan 17 orang peserta didik laki- laki. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan. Sumber data adalah pengamatan perencanaan dan pelaksanaan dan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning pada tema Makananku Sehat dan Bergizi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 80,55% dengan kualifikasi baik dan menunjukkan peningkatan pada siklus II sebesar 93,05% dengan kualifikasi amat baik. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 82,5% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil nilai rata-rata pengamatan aspek peserta didik pada siklus I 82,5% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema Makananku Sehat dan Bergizi di kelas IV SDN 31 Teluk Bayur kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran tematik terpadu, Proses pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:21
Last Modified: 31 Jul 2025 08:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item
View Item